Sambutan Pembimas Kristen Kanwil Kementerian Agama Prov. DKI Jakarta Pada Acara Peneguhan Pnt.Daniel Guntur Cahyo Prakoso, S.Si.Theol di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jemaat Melur – Jakarta

Salam sejahtera, Syalom !!

Pertama-tama kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yesus Kepala Gereja. Oleh kasih karunia-Nya kita bertemu dalam ibadah peneguhan Pnt.Daniel Guntur Cahyo Prakoso, S.Si.Theol sebagai Pendeta GKI Jemaat Melur. Untuk itu kami ucapkan selamat kepada Panitia dan Majelis dan seluruh jemaat GKI Melur. Dalam perjalanan sejarahnya GKI Melur telah ikut berjuang dan bersaksi di tengah-tengah masyarakat Kristen DKI Jakarta dan sekitarnya; hal itu tampak dalam keterlibatan gereja ini ketika melakukan berbagai aksi sosial bagi masyarakat di sekitarnya.
Sebagai Pembimas Kristen pada Kanwil Kementerian Agama Prov. DKI Jakarta, merasa terharu sebab bagaimanapun seluruh gereja dan para pendeta yang melayani di wilayah Prov. DKI Jakarta secara fungsi menjadi mitra utama kami dalam melakukan tugas-tugas untuk membina Umat Kristen. Untuk itu kami ucapkan selamat kepada Pnt.Daniel Guntur Cahyo Prakoso, S.Si.Theol. untuk menjadi abdi Tuhan di GKI Jemaat Melur.
Pada kesempatan ini saya menyampaikan bahwa tantangan besar yang dihadapi gereja saat ini adalah tantangan yang datang dari dalam gereja sendiri; misalnya saja: sulitnya Umat membedakan antara menyembah Tuhan dengan entertain rohani, sulit membedakan antara berkat dengan kutukan, malah acapkali kelimpahan harta dianggap inti berkat dan bukan syalom Allah, sulit juga jemaat saat ini membedakan antara nabi Tuhan dengan nabi palsu, antara ketulusan dengan kepura-puraan, antara ajaran Alkitab dengan ajaran manusia, antara doktrin Alkitab dengan indoktrinasi, dan masih banyak lagi. Sehingga tidaklah berlebihan bila saya mengklaim bahwa jangan-jangan banyak jemaat semakin bingung bukan semakin terarah keyakinannya akan Tuhan. Dogma di beberapa gereja telah menjadi oposisi dengan Karya Kristus (problematika era Farisi; antara hukum kasih dengan Hukum Taurat), Juga masyarakat telah memasuki era mental instan dan lebih menyukai hasil dari pada proses, lebih banyak berteori dari pada berbuat. Maka untuk itu gereja (tubuh Kristus) harus melakukan pelayanan lebih serius. Sesungguhnya yang dituntut adalah keteladanan pemimpin, bukan pada rumusan kata-kata melainkan unjuk kerja (perbuatan). Pemberitaan Injil saat ini tidaklah hanya dilakukan dengan seremonial-seremonial keagamaan, masyarakat gereja lebih dituntun untuk mewujudkan kasih secara nyata melalui kehidupan umat dimanapun dan kapanpun.
Kehadiran banyak denominasi di Indonesia juga sangat memprihatinkan kita, dan telah nyata bahwa bukan kebutuhan zaman lagi. Menurut pengamatan kami, salah satu pemicu kelompok anti gereja, dan telah bergerak secara brutal dan terorganisir; kemungkinan sekali apakah karena banyak denominasi gereja melakukan cara-cara pemberitaan Injil yang terlalu demonstratif, misalkan saja, saat ini ”takut ada ruko yang kosong sebab besoknya sudah berubah fungsi menjadi gereja?” ia bukan???. Nah …..
Kami juga selalu menyampaikan bahwa berkenaan dengan lahirnya berbagai aturan perundang-undangan yang tidak tersosialisasikan dengan benar dan baik di masyarakat maka sering sekali melahirkan tindakan anarkhis dari kelompok-kelompok tertentu. Namun juga bukan berarti kita harus takut, sebab sejak semula gereja dipanggil untuk berjuang dalam menghadapi tantangan baik yang datang dari luar maupun tantangan yang datang dari dalam. Kami mohon juga gereja lebih arif menghadapinya, dan gereja terus mendukung gerakan kerukunan antar umat beragama di wilayahnya untuk mewujudkan Visi Pemprov. DKI Jakarta yaitu ”…membangun Jakarta Untuk semua”. Sebagai Pembimas sekaligus Ketua Umum LPPD (Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah) Prov. DKI Jakarta maka pada kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada gereja-gereja yang telah mendukung terlaksananya PESPARAWI TAHUN 2010 (19-20 Nopember dan 11 Desember 2010 di UKI Cawang Jakarta Timur. Pesparawi 2011 akan segera dilaksanakan mohon dukungan dan keikutsertaan dari semua gereja yang ada di wilayah DKI Jakarta.
Akhir kata kami ucapkan selamat Melayani Tuhan memberkati.

Pembimas Kristen
Kanwil Kementerian Agama
Prov. DKI Jakarta

Pdt. Adieli Zendrato,M.Th.
NIP.196506202000031001

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s